kelebihan dan kekurangan aplikasi snack video
Internet

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Snack Video, Apa Manfaatnya?

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi Snack Video yang mungkin belum banyak disadari para penggunanya. Aplikasi berbagi video singkat ini mirip seperti TikTok, namun kalau kita telaah kembali keduanya memiliki perbedaan yang cukup menonjol.

Sekarang ini ada banyak sekali platform berbagi video singkat, ada TikTok, Snack Video, dan lain sebagainya. Meski beragam aplikasi serupa muncul, namun kedua aplikasi tersebut yang namanya begitu populer dan masih eksis sejak awal kemunculannya hingga saat ini.

Membicarakan aplikasi Snack Video tentunya sudah tidak asing lagi ya, apalagi di awal perilisannya iklan Snack Video di media sosial pun sering muncul. Yang unik dari aplikasi ini yaitu bisa menghasilkan uang bagi para penggunanya. Bahkan kalau anda sedang membutuhkan aplikasi penghasil uang, Snack Video bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan terbaik.

Meski demikian ada beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi Snack Video, dan di sini kami akan menjelaskannya untuk anda, mari kita simak bersama ya.

Mengenai Aplikasi Snack Video

Snack Video merupakan suatu aplikasi yang menyediakan layanan sharing video pendek ke sesama penggunanya. Dengan demikian sesama pengguna aplikasi ini bisa saling berbagi konten video pendek. Bisa dikatakan bahwa saat ini Snack Video jadi pesaing TikTok, aplikasi Snack Video dirilis pada tahun 2011 lalu dan dikembangkan oleh Beijing Kuaishou Technology Co yang merupakan perusahaan asal China.

Snack Video terus berusaha untuk mengembangkan aplikasinya dan memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna aplikasi. Sampai dengan saat ini jumlah penggunanya terus bertambah dan berbagai fitur di dalamnya terus diperbarui untuk menarik banyak orang. Seperti yang telah kami jelaskan di atas, salah satu hal yang membuat orang-orang menggunakan Snack Video yaitu bisa menghasilkan uang.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Snack Video

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi Snack Video yang bisa anda simak di bawah ini:

Kelebihan

1. Menyediakan Beragam Konten

Kelebihan yang pertama dalam kelebihan dan kekurangan aplikasi Snack Video yaitu menyediakan berbagai konten. Snack Video sendiri adalah aplikasi video pendek sehingga di dalamnya anda akan menemukan berbagai konten video. Anda pun dapat memilih kategori konten yang diinginkan, dengan beragamnya konten yang tersedia maka pengguna tidak akan bosan.

2. Mudah Diakses

Berbagai konten yang tersedia di aplikasi Snack Video begitu mudah diakses, dengan demikian kapan saja dan di mana saja anda dapat melihat konten menghibur. Berbagai jenis konten tersedia di Snack Video seperti video musik, konten hiburan, komedi, tutorial, dan lain sebagainya. Aplikasi ini begitu ramah pengguna sehingga pengguna baru pun tidak akan kesulitan untuk menggunakannya.

3. Memperluas Jaringan Sosial

Memperluas jaringan sosial para pengguna karena sesama pengguna bisa berteman, anda bisa mengikuti akun menarik, dan di dalamnya berisikan beragam informasi.

4. Meningkatkan Kreativitas

Kelebihan dan kekurangan aplikasi Snack Video yang selanjutnya adalah meningkatkan kreativitas pengguna. Yang mana para pengguna bisa membuat video pendek kreatif dan mengunggahnya di aplikasi tersebut. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan kreativitas pengguna.

5. Menyediakan Fitur Berbagi Konten

Di aplikasi ini anda akan menemukan fitur share content atau berbagi konten dengan orang lain, baik itu dengan aplikasi Snack Video atau media sosial. Dengan adanya fitur tersebut anda akan lebih mudah untuk saling berbagi konten.

6. Terdapat Reward dan Poin

Yang menarik dari Snack Video yaitu menyediakan reward dan poin untuk pengguna aktif jika berhasil rutin mengunggah konten dan viral. Reward dan poin ini memberikan keuntungan bagi pengguna Snack Video.

7. Akses Iklan Lebih Mudah

Jika ada pihak yang ingin menempatkan iklan, beruntungnya Snack Video memberikan akses yang lebih mudah. Meskipun pengiklan tidak mem-follow akun pengguna, namun Snack Video terbilang efektif untuk memasarkan suatu produk.

Kekurangan

Seperti aplikasi lainnya, kelebihan dan kekurangan aplikasi Snack Video juga ada. Dan berikut ini beberapa kekurangan dari Snack Video, antara lain:

1. Adiktif

Kalau anda tidak mengendalikan diri dengan baik, sangat mungkin mengalami kecanduan. Berbagai konten menarik tersedia di Snack Video dan begitu menghibur, dengan demikian pengguna bisa saja kecanduan untuk menonton konten di dalam aplikasi ini. Kalau sudah kecanduan maka banyak waktu dan energi yang terkuras.

2. Konten Kurang Pantas untuk Anak-anak

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa dalam Snack Video menyediakan berbagai kategori konten. Namun tidak semua konten cocok untuk semua usia. Karena ada beberapa konten yang tidak pantas untuk ditonton oleh anak di bawah umur. Konten yang tidak pantas ini dapat mempengaruhi perkembangan dan juga pola pikir anak.

3. Risiko Kebocoran Data Pribadi

Kelebihan dan kekurangan aplikasi Snack Video yang selanjutnya yaitu adanya risiko kebocoran data pribadi. Ada sejumlah informasi pengguna yang dimuat pada konten yang dihasilkan, seperti video maupun foto. Hal ini memungkinkan hacker untuk meretas data anda.

4. Bisa Menimbulkan Kontroversi

Mungkin banyak yang belum menyadari bahwa Snack Video juga bisa menimbulkan kontroversi terkait dengan konten yang dihasilkan bisa kurang pantas. Atau bahkan ada konten yang jadi masalah karena menyinggung pihak tertentu.

5. Iklan Terlalu Banyak

Sehubungan dengan kelebihan Snack Video di poin nomor 7 yang membuat pengiklan lebih mudah memasarkan produk, sayangnya di Snack Video juga terlalu banyak iklan. Aplikasi dengan iklan terlalu banyak bisa membuat pengguna terganggu.

6. Eksploitasi Konten

Aplikasi ini berhasil menarik perhatian banyak orang lewat berbagai konten yang diunggah pengguna. Namun kekurangannya eksploitasi kontan yang bisa saja terjadi seperti adanya pengguna lain yang mengambil video orang lain tanpa menggunakan kredit dari pembuat konten yang sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *