8 Tips Aman Transaksi Pakai QRIS yang Wajib Diterapkan
Teknologi

8 Tips Aman Transaksi Pakai QRIS yang Wajib Diterapkan

Tips aman transaksi pakai QRIS wajib diketahui oleh para pengguna metode pembayaran tersebut. Kalau anda beranggapan transaksi dengan QRIS lebih aman, nyatanya tidak selalu demikian karena ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan berbagai cara demi mendapatkan keuntungan sepihak. Bertransaksi dengan metode apapun tetap harus berhati-hati termasuk saat memakai QRIS.

8 Tips Aman Transaksi Pakai QRIS

Pastikan scan QRIS online yang dilakukan aman sebelum anda mengetik PIN dompet digital atau M-banking. Kalau anda scan QRIS yang salah sudah pasti kerugian akan dialami. Bertindak waspada merupakan hal tepat untuk menghindari anda dari berbagai risiko yang bisa saja terjadi.

Di bawah ini kami berikan 8 tips aman transaksi pakai QRIS yang bisa anda coba, antara lain:

1. Periksa Kondisi Fisik dari QR Code

Tips yang pertama yaitu anda harus memeriksa bagaimana kondisi fisik dari QR code, untuk cara ini dapat diterapkan bagi yang memindai kode QR yang dicetak oleh toko tertentu. Pastikan kode tersebut tidak terhapus, tidak terpotong atau rusak di bagian tertentu. Hal ini bisa menyebabkan kegagalan transaksi.

Sangat penting untuk selalu mengecek kondisi fisik kode QR yang tercetak untuk menghindari oknum nakal mengambil keuntungan dari transaksi yang anda lakukan. Pihak nakal bisa saja membuat kode QR palsu kemudian mencetaknya dan ditaruh di atas kode QR yang asli.

2. Verifikasi Nomor Rekening

Banyak orang yang malas mengecek nomor rekening tujuan ketika melakukan transaksi karena nomor rekening cukup panjang sehingga merepotkan. Padahal anda harus melakukan verifikasi untuk menghindari terjadinya penipuan yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Lakukan pencatatan nomor rekening tujuan anda, kemudian cocokkan dengan nomor rekening di QR Code. Cek kembali apakah semuanya sudah benar, kemudian masukkan PIN dan transaksi pun selesai.

3. Mencari Tahu Tujuan dari Keberadaan QR Code

Ternyata banyak orang yang menganggap QRIS lebih aman sehingga tidak mengecek kembali tujuan dari kode tersebut saat melakukan scan. Misalnya anda sedang berbelanja makanan di kaki lima dengan metode pembayaran QRIS, anda tidak mencari tahu tujuan dari kode QRIS tersebut, padahal kode ini dibuat oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Jika anda menekan PIN QRIS dan melakukan transaksi di kode yang salah, uang anda melayang ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Biasanya QRIS yang resmi diletakkan pada meja kasir agar bisa dilihat oleh semua orang. Tapi kalau anda masih ragu dengan QRIS-nya, tanyakan ke pihak toko.

4. Melakukan Verifikasi Asal-Usul dari QR Code

Tips aman transaksi pakai QRIS yang selanjutnya yaitu dengan melakukan verifikasi atas asal-usul dari QR code. Ini bisa anda coba ketika melakukan transaksi pakai QRIS secara langsung. Cocokkan nama penyedia jasa maupun penjual dengan kode yang ada di metode pembayaran tersebut.

5. Melaporkan Jika Ada Kode Mencurigakan

Jangan ragu untuk melaporkan jika ada kode palsu maupun yang mencurigakan. Laporkan ke pihak penyelenggara dan berikan informasi yang jelas dan lengkap mengenai kode QR tersebut. Sebagai bukti anda bisa memotret kode tersebut, nantinya pihak penyelenggara akan meminta foto tersebut sebagai buktinya. Cara ini bisa menghindari anda dan orang lain dari transaksi penipuan.

6. Menghindari Penyebaran Informasi Pribadi

Hindari memberikan informasi pribadi seperti kata sandi, PIN, kode OTP, maupun kode QRIS anda ke sembarang orang. Pihak bank maupun lembaga resmi yang lain juga tidak akan meminta informasi pengguna yang sifatnya pribadi seperti PIN dan kata sandi.

Kalau anda mendapatkan email atau pesan dari pihak yang “katanya” resmi, berhati-hatilah, sangat mungkin pihak tersebut melakukan penipuan. Sekarang ini sudah banyak pihak tidak bertanggung jawab yang menggunakan foto suatu lembaga resmi, format chat yang mengklaim dirinya resmi, dan melakukan hal lain demi keuntungan sepihak.

7. Pakai Scan QR Code yang Aman

Pastikan alat untuk scan QR code aman dan mempunyai proteksi untuk mencegah bug, virus, maupun gangguan lain yang berbahaya untuk perangkat.

8. Gunakan e-Wallet Terpercaya

Dan tips aman transaksi pakai QRIS yang terakhir yaitu dengan hanya memakai e-wallet atau dompet digital yang terpercaya. Sekarang ini juga sudah banyak aplikasi bank terpercaya yang menyediakan metode pembayaran menggunakan QRIS.

Dengan menggunakan e-wallet yang terpercaya maka bisa menghindari anda dari penyadapan informasi pribadi maupun virus yang sangat berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *